Air Keruh Saat Musim Hujan, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Buat Filter Air Sederhana

Kegiatan Sosialisasi Membuat Filter Air Sederhana Bersama Warga Desa Lumeneng | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kabupaten Pekalongan (26/7/2023) – Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat penting dan vital dalam keberlangsungan hidup manusia. Dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya dalam lingkup rumah sehat adalah menjaga kualitas air agar tetap bersih dan aman untuk digunakan. Kondisi lingkungan dan sanitasi yang buruk dan kotor dapat menimbulkan ancaman terhadap masalah kesehatan. Untuk menjamin kesehatan dan menghindari ancaman-ancaman tersebut, salah satu caranya adalah dengan penjernihan menggunakan alat filter air sederhana di saluran keran air dalam rumah.

Ketika musim penghujan, kualitas air di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran cenderung menurun dengan ditandai air yang berwarna keruh. Dengan tema Kuliah Kerja Nyata yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s)”, KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023 melakukan program kerja dengan tujuan SDG’s nomor 6 yaitu memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi yang baik bagi semua. Selain itu juga bertujuan untuk mengatasi masalah ketersediaan air bersih di Desa Lumeneng ketika musim hujan.

Kegiatan dilaksanakan kepada Warga Dukuh Sumingkir sebagai sasaran utama. Kegiatan ini diisi dengan penjelasan dan praktek cara pembuatan, penjelasan fungsi tiap bahan dan alat, serta pembagian leaflet tata cara pembuatan alat filter air sederhana di rumah.

Media filter yang digunakan berfungsi untuk menyaring air. Bahan yang digunakan sebagai media filter tergantung dari kondisi air. Semakin rendah tingkat kejernihan air semakin dibutuhkan bahan media yang lebih banyak. Dalam kegiatan program kerja ini, KKN Tim II Undip 2023 menggunakan bahan yang mudah ditemukan diantaranya adalah:

  • Batu kerikil untuk penyaring partikel keras dan membantu aerasi oksigen dalam air
  • Kapas atau tisu untuk penyaring partikel halus dan organisme yang ada dalam air keruh
  • Spons untuk penyaring partikel yang lolos dari media sebelumnya dan menyerap endapan air yang membuat warna air menjadi keruh.

Dengan demikian, adanya program KKN ini dapat memberikan tambahan ilmu dan keterampilan bagi warga Desa Lumeneng agar mampu mengatasi permasalahan ketersediaan air bersih ketika musim penghujan datang dengan membuat filter air sederhana.

Pemasangan Filter Air Sederhana Pada Keran Air di Rumah Warga | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Penulis : Fatika Regina Damayanti –  S1 Teknik Lingkungan, Fakultas teknik

Dosen Pembimbing : Pangi, S.T., M.T.