KESULITAN MENCARI INFORMASI DESA LUMENENG? MAHASISWA KKN UNDIP CIPTAKAN WEBSITE PROFIL DESA SEBAGAI SARANA INFORMASI

Mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2023 yang bertempat di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, memiliki banyak program kerja, salah satu program kerjanya yaitu membuat sebuah terobosan baru dalam bidang teknologi informasi. Dengan menciptakan sebuah website profil Desa Lumeneng yang bertujuan untuk memperkenalkan Desa Lumeneng dan menyediakan informasi berharga bagi warga dan masyarakat luas.

Dimana Desa Lumeneng, selama ini menghadapi tantangan akses informasi dan teknologi yang terbatas dan mahasiswa menemukan bahwa pencarian Desa lumeneng di internet tidak terlalu membuahkan hasil sehingga banyak orang yang belum mengetahui tentang Desa Lumeneng. Namun, hal tersebut berubah ketika Tim II KKN UNDIP datang dengan ide brilian untuk menciptakan website yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat desa. Kehadiran website ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi terkini tentang desa.

Dalam proses pembuatan website, Tim II bekerja sama erat dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. Mereka melakukan riset mendalam untuk mengumpulkan data yang akurat dan relevan mengenai Desa Lumeneng. Pendekatan partisipatif ini memastikan informasi yang disajikan dalam website dapat mencerminkan kebutuhan dan harapan warga Desa Lumeneng.

Website profil desa yang dibangun akan menampilkan informasi menyeluruh tentang Desa Lumeneng. Mulai dari sejarah desa, profil lengkap pemerintahan desa, hingga potensi pariwisata yang dimiliki desa tersebut. Selain itu, website ini juga memiliki fitur berita terkini dan agenda kegiatan yang terintegrasi dengan akun Instagram desa yang baru dibuat. Saat ini website dapat diakses oleh masyarakat luas melalui link.

Perangkat Desa, merasa terharu dan berterima kasih atas upaya mahasiswa KKN UNDIP Tim II dalam menciptakan website tersebut. “Website ini akan sangat membantu kami dalam menyampaikan informasi penting kepada masyarakat secara lebih efektif. Kami mengapresiasi dedikasi mahasiswa KKN ini untuk bersama-sama membangun desa kami,” kata salah satu Perangkat Desa. Dengan adanya website profil desa ini, diharapkan informasi tentang potensi dan kegiatan di Desa Lumeneng dapat tersampaikan dengan lebih luas dan mudah diakses oleh siapapun yang tertarik. Semangat mahasiswa KKN UNDIP Tim II dalam memberikan kontribusi positif melalui program kerja monodisiplin semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk mengembangkan inisiatif yang bermanfaat bagi masyarakat.