Mahasiswa KKN Undip melakukan Pendampingan untuk pemeliharaan Website Profil Desa

Website profil publikasi desa telah menjadi sarana penting bagi pemerintah desa untuk menginformasikan kegiatan dan inisiatif desa kepada masyarakat, mempromosikan potensi desa, dan membangun transparansi dalam penyajian informasi publik. Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia dan pengetahuan teknis di tingkat desa, website tersebut menghadapi tantangan dalam pemeliharaan dan pembaruan konten secara berkala.

Seorang mahasiswa dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Tim II, yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, berhasil memberikan kontribusi positif melalui program kerjanya dalam bidang Teknologi. Melalui program pendampingan, mahasiswa tersebut berhasil dalam membantu pemeliharaan Website Profil Desa kepada salah satu perangkat desa yang berfokus pada pendampingan teknis dan pelatihan bagi perangkat desa dalam mengelola dan memelihara website profil desa yang telah ada sebelumnya.

Dalam program kerja monodisiplin ini, para mahasiswa membahas berbagai hal, termasuk pembaruan konten terkini seperti kegiatan masyarakat, potensi desa dan kabar desa. Selain itu, mereka juga memberikan panduan tentang bagaimana mengoptimalkan tampilan dan fungsionalitas website agar lebih responsif dan mudah diakses oleh berbagai perangkat.

Dengan akhiran program kerja monodisiplin ini, mahasiswa KKN UNDIP Tim II meninggalkan luaran atau output berharga berupa peningkatan kemampuan dan kepercayaan diri perangkat desa dalam mengelola teknologi informasi website dan buku panduan tentang pemeliharaan website profil desa. Harapannya, desa ini akan terus merangkul teknologi dan terus mengoptimalkan website profil desa sebagai sarana yang efektif untuk mempromosikan dan memajukan potensi lokal. Program kerja monodisiplin bisa menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana keterampilan, pengetahuan, dan semangat para mahasiswa dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat di tingkat lokal. Diharapkan, semangat ini akan terus menginspirasi mahasiswa KKN UNDIP dan generasi selanjutnya untuk aktif berpartisipasi dalam upaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia.