Menuju Lansia Sehat, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro ajak Lansia Senam serta Memberikan Edukasi Penyakit Diabetes dan Hipertensi

Lumeneng, Pekalongan (10/08/2023) – Prevalensi penyakit degeneratif saat ini cukup meningkat terutama penyakit diabetes melitus (DM) dan hipertensi, kedua penyakit tersebut memiliki kaitan yang sangat erat sehingga membutuhkan pengelolaan yang tepat dan seksama dan perlunya pencegahan tentang DM dan hipertensi. Menurut WHO, diabetes melitus (DM) merupakan suatu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang terjadi akibat tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif, sedangkan hipertensi adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah memiliki tekanan darah tinggi (tekanan darah sistolik ≥140 mmHg atau tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg). Seiring bertambahnya usia, risiko seseorang untuk mengalami diabetes melitus dan hipertensi semakin meningkat. Hal itu karena kemampuan sel pankreas dalam produksi insulin mengalami pengurangan pada proses penuaan pada lansia sehingga gula darah cenderung tinggi dan penuaan membuat pembuluh darah menebal dan menjadi kaku, sehingga tekanan darah cenderung tinggi juga. Oleh karena itu, perlu digiatkannya penyebaran informasi yang dapat dilakukan melalui metode penyuluhan mengenai pencegahan hipertensi dan diabetes dengan gaya hidup yang sehat.

Hasna Umniya Mumtaz, mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 yang mengabdi di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, mengambil peran penting dalam menyediakan edukasi bagi lansia mengenai pentingnya mencegah diabetes dan hipertensi di usia tua. Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu rumah warga di Dusun Krajan pada 10 Agustus 2023 memiliki tujuan yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ketiga yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua usia. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat lansia Desa Lumeneng yang berjumlah 20 orang. Kegiatan diawali dengan senam lansia bersama dengan masyarakat lansia Desa Lumeneng didampingi oleh mahasiswa-mahasiswa KKN Tim II Undip. Masyarakat sangat antusias mengikuti senam lansia, setiap gerakan senam diikuti dengan senyuman dari mulut mereka. Setelah kegiatan senam selesai, dilanjutkan pembagian leaflet mengenai pencegahan diabetes dan hipertensi. Mahasiswa KKN Tim II Undip menjelaskan isi dari leaflet tersebut sembari mereka membaca leaflet di tangan mereka. Selama kegiatan penjelasan leaflet berlangsung, mereka mendengarkan dan menyimak materi yang dipaparkan. “Terima kasih Tim KKN Undip sudah memberikan edukasi kepada para lansia, harapannya para lansia disini menjadi lebih rajin ke posbindu untuk mengecek kesehatan mereka” ujar Bidan Desa Lumeneng.

Diabetes melitus dan hipertensi merupakan kelompok penyakit kronis yang saat ini menjadi ancaman kesehatan global karena dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain hingga menyebabkan kematian. Adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya mencegah penyakit diabetes dan hipertensi dengan mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat.

Penulis : Hasna Umniya Mumtaz – Fakultas Kedokteran

DPL : Pangi, S.T., M.T.