OLAHAN PISANG DUKUH SUMINGKIR BEDA DARI YANG LAIN

Dukuh Sumungkir merupakan salah satu dukuh yang ada di Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan, di dukuh ini banyak sekali pohon pisang yang tumbuh secara alami dan ada pula yang memang dibudidayakan. Hasil dari pohon pisang tersebut adalah buah pisang yang kebanyakan diolah menjadi keripik oleh masyarakat Dukuh Sumingkir. Potensi keripik pisang ini diungkapkan oleh Kepala Dukuh Sumingkir yaitu Ahmad Tamsuri pada saat mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan kunjungan ke kediaman beliau. Perbincangan itu menghasilkan keinginan untuk menciptakan UMKM baru di Dukuh Sumingkir dengan bahan dasar pisang yaitu keripik pisang dengan inovasi terbaru yaitu terdapat berbagai pilihan rasa seperti rasa manis, gurih, pedas, atau campuran rasa lainnya. Mahasiswa KKN Undip 2023 dengan dukungan kepala dukuh sumingkir merancang berdirinya UMKM keripik pisang dengan nama “Gedhang Chips”. KKN Tim II Undip melakukan Pengolahan pertama yang dilakukan ditanggal 15 Juli 2023 dengan dibantu warga Dukuh Sumingkir, pengelolaan pertama dilakukan agar mahasiswa KKN Tim II Undip mengetahui bagaimana pengolahan keripik pisang yang baik dan benar tak hanya pengelohaan saja mahasiswa KKN Tim II Undip  juga melakukan merealisasikan inovasi yaitu penambahan varian rasa pada olahan keripik pisang yang terdiri dari rasa cokelat,susu,jagung dan balado.

Dikesempatan selanjutnya pada tanggal 25 Juli 2023 KKN Tim II Undip kembali melakukan percobaan pembuatan keripik pisang, pada kesempatan kedua ini lebih difokuskan pada penimbangan berat bersih produk, pelabelan produk dan perhitungan harga pokok penjualan (HPP).  Hal yang selanjutnya dipersiapkan oleh KKN Tim II Undip adalah media penjualan online yang dimana Ketua Dukuh Sumingkir, Ahmad Tamsuri selaku penanggung jawab UMKM diberikan pendampingan  mengenai content marketing plan oleh perwakilan KKN Tim II Undip yaitu Fadhlan Arya Rasensriya yang hasilnya adalah akun baru Instagram untuk media penjualan online dengan nama akun @gedhangchipss. Fadhlan juga memberikan booklet yang didalamnya terdapat langkah-langkah pembuatan konten penjualan agar nantinya UMKM ini bisa menjual produknya dengan konten yang menarik.

Besar harapan UMKM keripik pisang “Gedhang Chips” dapat berkembang dan bermanfaat bagi Masyarakat sekitar Desa Lumeneng terkhusus di Dukuh Sumingkir dan menjadi UMKM percontohaan di Desa Lumeneng.