Pencerdasan Anti Korupsi di SD 02 Lumeneng oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023

Pencerdasan Kepada Siswa Kelas 4-6 SD 02 Lumeneng | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Lumeneng, Paninggaran, Pekalongan (08/08/2023) – Dalam semangat mengembangkan karakter serta nilai-nilai integritas di kalangan generasi muda, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro dengan penuh antusiasme merangkul siswa-siswa Sekolah Dasar Desa Lumeneng. Melalui program inovatif ini, mahasiswa KKN Undip berkomitmen untuk memberikan edukasi dan pembekalan mengenai tindakan anti korupsi kepada siswa-siswa SD, dengan harapan mereka akan tumbuh menjadi pemimpin muda yang penuh integritas dan tanggap terhadap isu korupsi di masa depan.

Dalam beberapa minggu terakhir, desa ini telah menyaksikan pemandangan yang luar biasa: ruang kelas yang biasanya dipenuhi dengan riuh rendah anak-anak belajar, kali ini penuh dengan diskusi serius mengenai tindakan korupsi dan dampaknya terhadap masyarakat. Mahasiswa KKN Undip dengan penuh semangat membagikan pengetahuan tentang apa itu korupsi, bagaimana hal tersebut dapat merugikan individu dan masyarakat, serta bagaimana peran penting integritas dalam membangun sebuah bangsa yang kuat dan beradab.

Poster Edukasi | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Salah satu metode yang digunakan adalah pendekatan yang ramah anak, di mana mahasiswa KKN Undip menggunakan cerita-cerita pendek, permainan edukatif, dan aktivitas kolaboratif untuk menjelaskan konsep anti korupsi kepada anak-anak. Selain itu, mereka juga mempraktikkan nilai-nilai positif dalam berinteraksi sehari-hari, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan transparansi.

“Sangat mengesankan melihat antusiasme anak-anak dalam belajar mengenai anti korupsi. Mereka dengan cepat menyerap pengetahuan ini dan menunjukkan minat yang tinggi untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka,” ujar (Sabillah Prescilla Alifkah), salah satu mahasiswa KKN Undip yang terlibat dalam program ini.

Penyerahan Poster Edukasi Kepada Perwakilan Guru SD 02 Lumeneng | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Bapak Tarsono, Perwakilan Guru Sekolah SD 02 Desa Lumeneng, merasa optimis tentang dampak positif dari program ini. “Melalui upaya kolaboratif bersama mahasiswa KKN Undip, kami yakin bahwa kami dapat membentuk generasi muda yang lebih peka terhadap isu korupsi dan siap berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang bebas dari korupsi di masa depan,” katanya dengan penuh keyakinan.

Program pencerdasan siswa SD mengenai tindakan anti korupsi ini bukan hanya memberikan pelajaran berharga bagi anak-anak, tetapi juga memberikan inspirasi bagi para mahasiswa KKN Undip untuk terus berkontribusi dalam pembangunan masyarakat. Dengan semangat yang tinggi dan tekad untuk menciptakan perubahan positif, mahasiswa KKN Undip membuktikan bahwa pendidikan anti korupsi adalah langkah penting menuju masa depan yang lebih baik dan lebih adil.