Pentingnya Pemasaran Usaha, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tahun 2023 Tingkatkan Kesadaran Pelaku Usaha dengan Marketing Plan

Kabupaten Pekalongan (8/8/2023) – Keberadaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masyarakat salah satunya bertujuan untuk dapat memberdayakan masyarakat sekitarnya, baik dari sisi keterampilan, pengetahuan maupun sosial ekonomi. Tidak terkecuali mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Di desa ini tepatnya di Dukuh Sumingkir pernah terdapat suatu UMKM yang menjual keripik pisang namun terhambat perkembangannya karena pandemi sehingga harus menutup usahanya sementara.

Kedatangan KKN TIM II Undip merupakan suatu titik balik dari istirahat panjang UMKM ini, kami membangun kembali serta me Rebranding keripik pisang ini agar dapat berjalan dan menjadi mata penghasilan serta meningkatnya ekonomi di desa.

Tindak lanjut dari pengembangan usaha ini adalah dengan dibentuknya marketing plan berbentuk booklet dan tentunya dijelasin langsung ke pengelola usaha ini. Mengapa marketing plan?

Sebuah bisnis bisa berjalan tanpa arah jika tidak memiliki perencanaan sejak awal. Pentingnya marketing plan pada suatu bisnis adalah untuk menentukan prioritas dalam melakukan perencanaan. Pentingnya Marketing plan juga karena membantu untuk memutuskan tindakan mana yang harus segera dilakukan, mana yang bisa ditunda terlebih dahulu, dan tindakan seperti apa yang harus dihindari. Mengadakan evaluasi juga sangat penting dalam menjalankan bisnis. Tujuannya adalah untuk mengukur keberhasilan perusahaan itu sendiri.

Marketing plan adalah tujuan yang berguna yang menjadi acuan saat mengevaluasi kinerja. Dalam bisnis jika terdapat suatu kendala. Terkadang, untuk mengatasi kendala ini, Anda perlu mengubah rencana di tengah jalan. Pentingnya marketing plan dalam situasi seperti itu, adalah untuk menentukan pilihan alternatif dari langkah selanjutnya.

Jadi dengan adanya marketing plan ini saya berharap bahwa UMKM Gedhang Chips akan terus mengembangkan usahanya dan tidak lagi berhenti ditengah jalan karena sudah tau tahap-tahap apa saja yang harus dilakukan.