Pojok Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Literasi Anak oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP

Pekalongan (29/07/2023) – Mahasiswa KKN TIM II Undip 2023 membuat pojok literasi sebagai upaya meningkatkan minat baca anak-anak. Literasi adalah suatu rangkaian kemampuan dalam hal membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah. Dari perspektif sejarah dan sosial, memiliki tingkat literasi yang tinggi merupakan elemen utama dalam mendorong kemajuan dan prestasi suatu negara beserta komunitasnya. Perkembangan dan keberhasilan individu, masyarakat, serta negara secara keseluruhan sangat tergantung pada adanya fondasi tradisi dan budaya literasi yang kuat. Kegiatan yang dilakukan di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan ini merupakan salah satu contoh yang mana dapat meningkatkan minat baca anak. Desa Lumeneng ini sendiri kesadaran akan literasi masih terbilang rendah, pojok literasi diadakan agar anak-anak semakin sadar akan pentingnya literasi bagi kehidupan sehari-hari. Anak-anak yang hadir diberikan buku cerita pendek anak. Buku cerita pendek anak ini merupakan bacaan yang pastinya sesuai dengan usia-usia mereka yang masih suka melihat gambar daripada tulisan

Kegiatan pojok literasi yang diadakan hari Sabtu, 29 Juli 2023 ini dihadiri banyak anak-anak dengan berbagai rentang umur. Banyak anak yang belum mulai sekolah, namun sudah antusias untuk mulai belajar tetang huruf dan sebagainya, tentunya dengan pendampingan dari mahasiswa KKN UNDIP. Anak-anak yang sudah bisa membaca diberi waktu untuk membaca terlebih dahulu, setelah itu diminta untuk membacakan ulang cerita yang telah dibaca sebelumnya. Setelah semua selesai, anak-anak yang hadir diberikan buku cerita pendek anak satu persatu.                                                             

Kegiatan seperti ini seharusnya memang rutin diadakan. Selain memberikan wawasan yang luas terhadap anak, kegiatan ini juga menjadi aktivitas yang memperluas keterampilan berbicara dan juga mempertajam kapasitas siswa dalam meresapi serta mengerti esensi dari teks yang dibaca. Kegiatan ini juga merupakan upaya mahasiswa KKN UNDIP dalam meningkatkan minat baca khususnya di Desa Lumeneng.

Penulis : Ramadhan Ainur –  S1 Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya

Dosen Pembimbing : Pangi, S.T., M.T.